Temukan Ulasan dan Lokasi Traveling Disini

Powered by Blogger.

Inilah Beberapa Kuliner Asli dari Jawa Tengah

     





           [Tukangtravel] - Kuliner memang selalu identik dengan makanan yang enak dan sedap. Setiap negara mempunyai berbagai macam kuliner andalan, tapi yah kayaknya lebih lezat kuliner Indonesia.
Indonesia kaya akan budaya dan suku bangsa, terdapat ratusan suku di Indonesia, yang masing masing mempunyai ciri khas sendiri, Adapun kuliner Indonesia yang sudah Go Internasional tapi itu akan saya bahas lain kali saja deh.

   Oke langsung saja, disini saya akan memberikan anda List of Menu kuliner dari Jawa Tengah, mengapa Jawa Tengah? yahh inilah provinsi dari mana saya berasal , maka dari itu saya akan bahas terlebih dahulu, untuk Jatim, Jabar, DKI, Sumbar, Kaltim, dll InsyaAllah next time saya akan bahas. Inilah beberapa kuliner yang hmmmm enak banget lah pokonya yang dari Jawa Tengah:

1. Lumpia (Semarang)
    Anda pasti tidak asing kan dengan kata "Lumpia" ? pastinya dong, ini nih makanan khas dari Semarang, ini terbuat dari Tepung Gandum di bagian kulitnya, sedangkan untuk isinya biasanya di isi Daging, Telur Puyuh , Rebung, dan Sayur-sayuran. Walaupun banyak yang jual di pasaran tapi tetep saja yang paling enak itu dari kota Asalnya, Semarang :D . Pokoknya kalo anda pergi traveling, jangan sampe lupa mampir Semarang untuk beli Lumpia :D

2. Gudeg (Ngayogyakarta)
    Ini termasuk makanan kamfung tapi tidak kamfungan seperti saya. Gudeg ini adalah olahan Nangka muda atau di daerah sata disebutnya dengan "Tewel". Nah, tewel ini diolah dengan santan dan di tambah dengan rempah-rempah yang nikmat dan lezat. Ini Khas Jogja lohh. di tempat saya juga ada tapi namanya bukan Gudeg tapi Tewel hahaha. beda tempat pastinya beda Rasa dong. Kalo kamu ke Jogja , sok lah mampir beli gudegnya. Cocok nih buat lidah orang Jawa gatau buat orang Luar jawa :D

3. Nasi Pongol (Tegal)
   Lha kie pakanan asli tegal, kie ya enak banget. Namanya Nasi Pongol komposisinya dari Tahu Tempe dan Ikan Asin sera Oreg-oreg. Rasanya mah gausah di tanya , kalo makan di Campur Pilus (Pilus camilan khas Tegal) lebih mantabb lagi sob. Pokoknya jangan lupa mampir tegal Buat beli Ini nasi dan camilan Pilus, pokokna mah lieur pisann.

4. Soto Kudus (Kudus)
    Soto adalah makanan Universal di indonesia, udah mainstream sih, tapi walaupun mainstream Soto Kudus ini enak banget bro sumpehh. Soto ini banyak beredar di kota kota besar, tapi sekali lagi Bede Tempat Beda Rasa, paling enak ya tetap di Kudus bro :D .

5. Pindang Serani (Jepara)
    Yeah, ini the last dan asalnya dari kota kelahiran, Jepara. Pasti anda belum pernah denger nama pindang serani, berarti anda belum pernah ke Jepara. :D karena ini Kota kelahiran saya, saya akan bahas panjang tentang ini. Mengapa saya memasukkan Pindang Serani ke List? yah menurut saya ini masakan yang Umami ,wlaupun ada banyak kuliner seperti Rondo Royal, Durian Petruk, Tempong, Kenyol, Gemblong, Koci, Negosari, Horog-horog, Kuluban , Pindang Cemplung dll , tapi Pindang Serani inilah yang paling nikmat.
Walaupun Namanya "Pindang" tapi Pindang Serani tidak terbuat dari pindang, biasanya Tongkol, Tenggiri, dan lain lain. Anda penasaran rasanya? Datang dong ke Jepara :D


Sekian dulu bro, lama lama ane laper kalo bahas makanan mulu, nih kalo mau Baca Sehat Itu Penting . Terimakasih , semoga post saya bermanfuat buat enteee . Sekian dan Thanks.





Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Inilah Beberapa Kuliner Asli dari Jawa Tengah"

Back To Top